PLJ 1 || Pengertian,sejarah singkat,kelebihan,kelemahan, distro linux Redhat

Rivananda Adi Nugraha
PLJ 1 kelas B
201731246
Minggu 3
Tugas Presentasi Kelompok 4

Linux Redhat
1.0.Pengertian  Redhead
Yang dimaksud dengan Red Hat adalah salah satu perusahaan terbesar dan dikenal untuk dedikasi atas perangkat lunak sumber bebas. Red Hat didirikan pada 1993 dan bermarkas di releigh, Carolina utara, Amerika. Red Hat terkenal karena produknya Red Hat Linux salah satu distro utama Linux, selain itu  perusahaan Red Hat mensponsori Fedora Project, sebuah proyek sumber terbuka yang didukung oleh komunitas/masyarakat yang bertujuan untuk mempromosikan kemajuan pengembangan perangkat lunak dan konten sumber terbuka.

2.0.Pengertian dan sejarah Distro Red Hat Linux

Redhat adalah salah satu distro Linux yang dapat digunakan sebagai sistem operasi untuk komputer server. Sistem operasi ini bermula dari tahun 1995, ketika Bob Young membeli bisnis Marc Ewing yang membuat sistem operasi berdasarkan Linux. Setelah pembelian itu maka sistem operasi yang dibuat oleh Marc Ewing dikenal dengan nama Red Hat Linux. Young menjadi CEO dari perusahaan yang membawahi sistem operasi tersebut.

Sejak 2003, Red Hat, Inc., telah menghentikan produksi Linux Redhat namun mereka tetap mengeluarkan distro linux dengan nama Red Hat Enterprise Linux (RHEL) untuk lingkungan perusahaan (berbayar), dan Fedora (yang menjadi proyek opensource dengan dukungan Fedora Project dan disponsori oleh Red Hat) sebagai versi gratis pengguna rumahan. Distro Red Hat Linux 9, yang 1menjadi rilis terakhir dari Linux Redhat, secara resmi diakhiri pada 30 April 2004. Namun demikian, dukungan terhadap sistem operasi tersebut masih diberikan oleh proyek Fedora Legacy sampai tahun 2007.
3.0.Turunan distro linux Redhat
a. Fedora, distribusi komunitas yang disponsori oleh perusahaan Amerika, RedHat.
b. Red Hat Enterprise Linux, distribusi yang dikelola dan dikomersialkan oleh RedHat.
c. CentOS, distribusi komunitas yang dibangun dari kode sumber yang sama oleh RedHat.
d. Oracle Enterprise Linux, merupakan turunan dari Red Hat Enterprise Linux, dipelihara dan komersial didukung oleh Oracle.
e. IGOS Nusantara, dikembangkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Dibangun berdasarkan Red Hat Enterprise Linux.
f. Mandriva, merupakan distribusi komersial turunan RedHat yang populer di beberapa negara Eropa dan Brazil. Distribusi Mandriva dikelola oleh perusahaan Prancis dengan nama yang sama, Mandriva.
g. Mageia, merupakan distribusi komunitas yang merupakan percabangan dari Mandriva pada tahun 2010.
h. PCLinuxOS, turunan dari Mandriva yang mengkhususkan kepada penggunaan komputer desktop.


4.0.Kelebihan dan kekurangan distro Red Hat
Perbedaan redhat itu sebenar nya dengan linux lain nya adalah redhat itu salah satu linux yang berbayar.
redhat ini biasanya dipakai oleh vendor besar, dan redhat menjanjikan package yang seven year lifecycle artinya vendor dari redhat berani menjanjikan kepada klien nya bahwa si klien tidak perlu melakukan upgrade product selama paling tidak 7 tahun, atau bahasa keren nya long term support
selain itu kelebihan distro redhat adalah:
1. Pemasangan yang mudah
Redhat adalah salah satu distro linux yang telah menerapkan model instalasi dengan Graphical User Interface atau GUI sejak Redhat 6. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menginstal sistem operasi ini di komputer atau servis laptop Anda. 

2. Memiliki antarmuka untuk konfigurasi system
di Redhat, ada configurator atau setting aplikasi yang memiliki menu bersama dengan kotak dialog yang bisa diisi untuk melakukan perubahan pada sistem.
3. Aplikasi inbuilt yang lengkap dan stabil
 Anda tidak perlu khawatir tentang kesalahan pop-up atau apapun yang akan mengganggu kinerja Anda karena aplikasi yang terpasang di Redhatmu pasti merupakan aplikasi yang sangat sedikit bug. Stabilitas adalah kunci utama aplikasi yang bagus dan Redhat menyediakannya untuk Anda.
4. Miliki dukungan kompatibilitas yang baik
aplikasi untuk versi sebelumnya tetap dapat berjalan di versi redhat terbaru. Dengan cara itu Anda tidak perlu menginstal ulang aplikasi yang lebih baru untuk melakukan pekerjaan tertentu yang masih bisa dilakukan dengan aplikasi lama Anda.
5. Jaminan kualitas yang baik
Redhat adalah salah satu distro linux yang memiliki kualitas sangat bagus. Banyak buku pembelajaran Linux menggunakan contoh sistem operasi Redhat Linux. Bahkan salah satu sertifikasi linux, yang merupakan sertifikasi yang menunjukkan kemampuan seseorang dalam menjalankan linux, adalah yang paling dicari Redhat Certified Engineer (RHCE). Orang dengan penguasaan Redhat Linux yang baik dianggap sebagai orang yang ahli dalam sistem operasi linux atau komputasi server pada umumnya.

kekurangan linux redhead
1.      Memiliki dukungan terhadap multimedia yang kurang baik
2.      Membutuhkan waktu untuk mengkonfigurasi (Loading lama)
3.      Out of date (Sistem operasi Linux Redhat sudah tidak lagi rilis mengikuti perkembangan aplikasi digital.)
4.      Berbayar (tidak Gratis)





sumber: 
http://kelompok5-tkj1-smkn2mks.blogspot.com/2013/01/redhat-normal-0-false-false-false-in-x.html
https://www.yanuanda.com/2016/08/pengertian-sejarah-latar-belakang-linux_12.html
https://dosenit.com/software/sistem-operasi/kelebihan-dan-kekurangan-linux-redhat
dll..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Graf Planar (Matematika diskrit)

Infix Prefix Postfix Matematika diskrit

Tree (pohon) Matematika Diskrit